Saturday, January 15, 2011

Tortuga Pirate Hunter – PC Game Pemberantas Bajak Laut



Satu lagi game menarik yang patut Anda coba. Sebuah game keluaran dari Ascaro Entertainment yang hampir mirip dengan Tradewind. Tortuga Pirate Hunter, sesuai dengan nama gamenya, tentunya Anda akan memburu para bajak laut pada abad pertengahan disamping melaksanakan misi-misi lainnya. Memang game ini secara gameplay hampir mirip dengan Tradewind dengan fitur yang lebih baik tentunya, lebih bernuansa 3Dimensi. Pirate Hunter merupakan game lama, game yang dikeluarkan pada tahun 2006. Dengan ukuran game sekitar 200 MB, kecil memang dibanding ukuran game-game sekarang, namun dijamin Anda akan puas dibuatnya.

Untuk Gameplay, Anda akan menjadi seorang nahkoda kapal pada sebuah negara. Pada saat pertama Anda memainkannya, anda akan berpihak pada negara Spanyol. Ada 4 negara dengan misi yang berbeda-beda serta level yang berbeda pula, ke-empat negara tersebut adalah, Spanyol, Inggris, Prancis dan Belanda. Anda akan diberi tugas oleh gubernur negara bagian tempat Anda tinggal. Misi-misi tersebut Anda dapatkan jika mengunjungi rumah gubernur, dan misi tersebut juga memiliki batasan waktu. Negara Anda akan memiliki sebuah negara musuh, dimana pada akhir level nanti Anda akan ditugaskan untuk merebut wilayah tersebut.



Terdapat beberapa jenis kapal yang dapat anda mainkan pada game ini, dengan tingkat senjata, kecepatan dan jumlah muatan yang berbeda-beda. Untuk dapat mengganti kapal dengan kapal yang lebih baik lagi, Anda harus bertempur dengan bajak laut atau para pedagang dari negara lain. Anda bisa memiliki beberapa kapal sekaligus ketika Anda merebutnya dari musuh Anda. Menurut saya yang paling menarik dari game ini adalah pada waktu pertempuran antar kapal, dengan efek grafis yang lumayan bagus, serta kontrol perang yang sepenuhnya Anda pegang. Anda harus dapat mengendalikan kapal dan mengarahkan meriam pada kapal musuh, dengan tetap memperhatikan arah angin. Kecepatan maksimal kapal tergantung arah angin dilaut, jadi Anda harus lincah dalam mengontrol kapal Anda. Musuh Anda kadang bisa mencapai 4 kapal sekaligus, sedangkan Anda hanya memiliki 1 buah kapal.



Dalam game ini, Anda juga harus berbagi harta rampasan Anda kepada para awak kapal, jika tidak maka akan terjadi pemberontakan dan menyebabkan Anda akan kehilangan kapal-kapal Anda. Dalam game ini, Anda juga dapat melakukan perdagangan untuk mendapatkan uang lebih. Semua pertempuran-pertempuran yang dilakukan, Anda akan mendapatkan kapal yang lebih baik, dan kapal jenis Galeon adalah kapal terbaik dengan jumlah meriam mencapai 46 buah. Jenis peluru pada meriam Anda ada 3 buah yang memiliki fungsi berbeda-beda. Peluru pertama adalah peluru untuk memperlambat kecepatan kapal lawan dengan menghancurkan layar dan tiang layar (2 buah peluru yang disambungkan dengan rantai). Peluru kedua adalah peluru untuk menghabisi para awak kapal dengan bentuk lebih kecil dan berwarna merah (peluru api). Dan peluru ke tiga adalah peluru untuk menghancurkan dan menenggelamkan kapal lawan. Anda harus pintar-pintar memilih jenis peluru yang Anda pergunakan.

Sedikit trik dalam memainkan game ini :
1. Laksanakan misi yang diberikan oleh gubernur ditempat Anda.
2. Pada saat bertempur, pastikan arah kapal Anda tidak melawan arah angin, karena kecepatan kapal tergantung arah angin, dan posisi kapal selalu sedikit didepan kapal musuh.
3. Pada awal pertempuran, gunakan peluru untuk melambatkan kapal musuh dan pastikan kecepatan kapal musuh benar-benar berkurang drastis. Meskipun jenis peluru ini tidak memberikan dampak kerusakan yang berarti bagi kapal, namun, jika Anda sudah memegang kendali kecepatan, maka Anda dengan mudah dapat merebut atau menenggelamkan kapal musuh. Setelah kapal musuh menjadi lambat, gunakan peluru api untuk membunuh para awak kapal hingga jumlahnya menjadi 8 orang sampai 12 orang, baru kemudian Anda rebut kapal tersebut. Ingat, gambar icon jangkar pada waktu bertempur (terdapat di bagian atas screen) harus dipastikan berwarna hijau untuk dapat merebut kapal (klik untuk menggantinya).
4. Jika Anda sudah mendapatkan kapal jenis GALEON, maka bisa dipastikan Anda dengan mudah dapat menaklukkan musuh. Langkah yang sebaiknya Anda lakukan untuk dapat merebut kapal Galeon. Kapal pertama Anda berjenis BRICK dengan nilai kecepatan maksimal 9 jumlah meriam 20. Carilah kapal musuh yang berjenis Friggate (kec mak 11) atau Barque (kec max 12). Barque adalah jenis kapal kecil namun lincah dan dapat Anda gunakan untuk merebut kapal jenis CARRACK , nah kapal Carrack inilah nanti yang akan digunakan untuk merebut kapal jenis Galeon. Pastikan saja Anda menggunakan peluru untuk melambatkan kapal musuh terlebih dahulu.
5. Setelah Anda mendapatkan jenis kapal Galeon, cari dan rebut lagi jenis kapal galeon, baik dari kapal bajak laut atau musuh negara Anda. Jangan lupa untuk mendapatkan kru kapal sebanyak-banyaknya ketika Anda berlabuh dikota. Baru kemudian, jika Anda mendapatkan misi untuk merebut kota/pelabuhan, pergunakan Galeon untuk menghancurkan benteng musuh.



Secara garis besar game ini sangat menarik, apalagi pada saat pertempuran kapal…wah keren deh pokoknya…

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites